You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sawarna
Desa Sawarna

Kec. Bayah, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintahan Desa Sawarna

Visi dan Misi

Administrator 18 Februari 2021 Dibaca 550 Kali
Visi dan Misi
  • Visi

“Menjadikan Desa Sawarna sebagai Desa Wisata yang mandiri, maju serta didukung dengan kelestarian budaya dan alam guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan tidak merubah adat istiadat serta budaya setempat”

            Visi tersebut mengandung pengertian bahwa cita-cita yang senantiasa akan dituju di masa mendatang oleh masyarakat desa Sawarna. Secara umum memilki daya tarik kuat, karena sebagai obyek percontohan tentunya harus menarik. Dalam konteks yang lebih luas, Sawarna memiliki daya tarik dari Sumber Daya Alam (SDA) dan  Sumber Daya Manusianya (SDM), daya tarik tersebut diharapkan tetap terpelihara dengan baik hingga kemasa yang akan datang.

                        Dengan penjelasan sebagai berikut :

  1. Desa yang mandiri berbasis Pariwisata mengandung pengertian bahwa masyarakat Desa Sawarna mampu mewujudkan kehidupan yang sejajar  dan sederajat  dengan  masyarakat  desa  lain  yang lebih maju dengan mengandalkan pada kemampuan dan kekuatan sendiri  yang berbasis pada keunggulan lokal di bidang pariwisata secara luas;
  2. Adapun yang dimaksud dengan kelestarian budaya adalah kebiasaan masyarakat yang turun temurun dan tidak merubah atau terkontaminasi dengan kemajuan dengan tujuan mengubah hidup masyarakat yang memiliki  ketangguhan  jiwa  dan  raga  yang sehat dan kuat;
  3. Yang dimaksud Masyarakat Sejahtera adalah suatu tata kehidupan dan penghidupan masyarakat baik materil maupun spiritual yang diliputi oleh rasa takut, keselamatan kesusilaan dan ketentraman lahir dan batin yang memungkinkan bagi setiap masyarakat untuk mengadakan usaha penemuan kebutuhan-kebutuhan jasmani dan sosial yang sebaik-baiknya bagi diri, keluarga serta masyarakat dengan menjungjung tinggi hak asasi serta kewajiban manusia.

 

  • Misi

Misi Desa Sawarna merupakan turunan dari Visi Desa Sawarna. Misi merupakan tujuan dalam jangka yang lebih pendek sebagai penunjang keberhasilan sebuah Visi. Dengan kata lain, Misi Desa Sawarna merupakan penjabaran lebih operaional dari Visi Desa Sawarna dimana penjabaran visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan lingkungan di masa yang akan datang. 

Dalam meraih visi desa Sawarna, dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik eksternal maupun internal maka disusun misi desa Sawarna sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pembangunan dan tata kelola di area wisata sebagai sebagai tolak ukur perekonomian masyarakay.
  2. Meningkatkan pembangunaninfrastruktur yang mendukung perekonomian desa,  seperti  jalan,  jembatan  serta  infrastruktur strategis lainny
  3. Meningkatkan pembangunan dibidang kesehatan untuk mendorong derajat kesehatan masyarakat agar dapat bekerja lebih optimal dan memiliki harapan hidup yang lebih panjang.
  4. Meningkatkan pembangunan dibidang pendidikan untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia agar memiliki kecerdasan dan daya saing yang lebih baik.
  5. Meningkatkan pembangunan ekonomi dengan mendorong semakin tumbuh dan berkembangnya pembangunan di bidang pertanian dalam arti luas, industri, perdagangan dan pariwisat
  6. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) berdasarkan demokratisasi, transparansi, penegakan hukum, berkeadilan, kesetaraan gender dan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat
  7. Mengupayakan pelestarian sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan dan pemerataan pembangunan guna meningkatkan perekonomian.

 

Kepala Desa Sawarna

 

IWA SUNGKAWA,S.Pd

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image