You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sawarna
Desa Sawarna

Kec. Bayah, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintahan Desa Sawarna

Pemda Lebak Ijinkan Wisata Dibuka, Ini Saratnya

Admin Website 30 Maret 2021 Dibaca 81 Kali
Pemda Lebak Ijinkan Wisata Dibuka, Ini Saratnya

Sawarna.desa.id. LEBAK- Pemkab Lebak memberikan kelonggaran kepada pengelola tempat wisata membuka usahanya untuk masyarakat umum.

Kelonggaran bagi pengelola tempat wista tersebut diberikan karena Pemkab Lebak terhitung semenjak tanggal 23 Maret sampai 4 April 2021 tidak lagi memperpanjang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tetapi menggantinya dengan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). 

Hal itu sesuai instruksi Bupati Lebak Nomor 2 tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19.

Bentuk kelonggaran diberikan oleh Pemkab Lebak melihat dari status desa dimana ada tempat wisata.

 

"Apabila daerah tersebut masuk zona hijau Covid -19, maka aktivitas bisa dilakukan dengan mengacu pada Perda AKB (Adat Kebiasaan Baru)," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lebak Imam Rismahayadin kepada KabarBanten, com, Senin, 29 Maret 2021.

Baca Juga: Targetkan Jadi 10 Besar Destinasi Wisata Halal, Provinsi Banten Punya Ribuan Potensi Wisata, Apa Saja?

Kadisbudpar menjelaskan, status daerah atau wilayah tempat wisata yang menentukan bukan oleh Disbudpar. Keputusannya itu ditangan Gugus Tugas Covid-19.

"PSBBB sekarang ini diganti PPKM, tapi yang nentuin keadaan wilayahnya itu hijau, kuning, dan merah Covid-19 ada di tingkat RT, RW dan desa, kelurahan sebagai Gugus Tugas. Apabila daerah tersebut  masuk zona hijau Covid-19 aktivitas (membuka tempat obyek wisata) bisa dilakukan dengan mengacu pada AKB," katanya.

Gugus Tugas Covid-19 tingkat RT, RW, desa itu sementara menjadi penentuan daerah tersebut bisa membuka aktivitas sosial dan pariwisata.

Jadi yang menentukan  Gugus Tugas tingkat kelurahan atau desa sesuai aturan PPKM dan pelaksanaannya mengacu ke AKB," katanya

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Pesona Sawarna Kecamatan Bayah  Ade Sudrajat Sangat mengapresiasi langkah  baik Pemkab tidak memperpanjang PSBB.

"Kita tentu sangat mengapresiasi karena selama PSBB usaha kita terkurung dalam sangkar aturan. Sehingga  berdampak buruk terhadap pendapatan karena membuat kunjungan di tempat wisata jadi sepi," katanya.

Selama masa pandemi Covid-19, sektor pariwisata di Kabupaten Lebak khususnya mengalami keterpurukan. Salah satunya tempat wisata Sawarna

"Oleh karena itu, dengan diberlakukannya PPKM sedikit memberi angin segar kepada kami. Sebab tempat wisata diperbolehkan buka kembali dengan syarat masuk zona hijau, dan alhamdulilah Sawarna masuk zona hijau Covid-19," katanya. Admin

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image