You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sawarna
Desa Sawarna

Kec. Bayah, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintahan Desa Sawarna

Kegiatan Karang Taruna Desa Sawarna Penanaman Mangrove di Muara Cisawarna

Admin Website 28 Februari 2022 Dibaca 108 Kali
Kegiatan Karang Taruna Desa Sawarna Penanaman Mangrove di Muara Cisawarna

sawarna.id Mangrove adalah suatu tipe hutan yang tumbuh di daerah pasang surut, terutama di pantai yang terlindung, Hutan mangrove memiliki fungsi dan manfaat secara fisik, ekologis dan ekonomis. Secara fisik manfaat mangrove antara lain, sebagai perlindungan terhadap sedimentasi, abrasi dan instrunsi air laut, penahan badai dan angin yang bermuatan garam, serta untuk menurunkan emisi karbon. Secara ekologis hutan mangrove berfungsi sebagai tempat hidup, perlindungan dan sumber pakan bagi biota laut dan spesies yang ada di sekitarnya. Sedangkan secara ekonomis hutan mangrove berfungsi sebagai tempat rekreasi wisata, sumber bahan baku untuk bangunan dan kayu bakar serta sebagai sumber mata pencaharian masyarakat sebagai nelayan penangkap ikan, udang, kepiting dan lainnya.

Karang Taruna Desa Sawarna bersama dengan Perwakilan Koramil, Perwakilan Polsek, Camat Bayah,  Pemerintahan Desa Sawarna, serta masyarakat Desa Sawarna , DLHK dan Anak-anak Pengajian Al-Jihad  DesaSawarna  telah melaksanakan Kegiatan Penanaman Mangrove dalam rangka pemulihan ekosistem di kawasan Muara Cisawarna pada tanggal 27 Februari 2022. Sebanyak 1000 bibit ditanam di lahan seluas ±6 ha di kawasan PTPN. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa,dan setelah pembukaan kegiatan penanaman dilakukan langsung oleh Karang Taruna Desa Sawarna bersama undangan serta masyarakat yang hadir.mudah-mudahan ini akan menjadi daya tarik  wisatawan dan menambah wisata lainnya yang kedepannya akan diminati oleh para wisatawan.

Pelaksanaan kegiatan penanaman mangrove dilakukan dengan teknik penanaman dengan menggunakan bambu untuk penahan atau penguatPenanaman dilakukan dengan jarak tanam bibit mangrove bervariasi..

Adapun penanaman mangrove yang telah dilaksanakan bertujuan untuk pemulihan ekosistem mangrove di kawasan Muara Cisawarna. Terkait dengan hal tersebut kita berharap “Kegiatan penanaman mangrove dalam rangka pemulihan ekosistem ini diharapkan dapat memulihkan atau memperbaiki kualitas serta mempertahankan hutan mangrove, kegiatan ini juga diharapkan dapat berfungsi dan bermanfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologis dan ekonomis. Dengan adanya kegiatan penanaman ini masyarakat diharapkan untuk ikut serta dalam menjaga ekosistem mangrove di kawasan Muara Cisawarna.”

Semua Pihak  menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Karang Taruna Desa Sawarna dan yang terlibat dan ikut serta menyukseskan kegatan ini dan berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait kelestarian hutan dan lingkungannya .Admin

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image